IBX5A8C3C20E01E2 Manfaat Gurah Bagi Kesehatan | Mitchel Troy

Manfaat Gurah Bagi Kesehatan

Gurah merupakan sebuah terapi kesehatan yang sudah lama dikenal dan termasuk dalam pengobatan herbal. Cara pengobatan ini dilakukan dengan cara mengeluarkan lendir-lendir di dalam tubuh menggunakan ramuan herbal. Awalnya terapi gurah hanya dilakukan untuk para santri di pondok pesantren agar saat membaca alquran nafasnya panjang, suaranya merdu dan nyaring. Seiring perkembangan jaman, terapi gurah semakin banyak dikenal dan tidak hanya dilakukan untuk santri. Gurah tidak hanya sebatas gurah pada hidung namun juga berkembang menjadi beberapa gurah yang lain, yaitu gurah mulut, dan juga gurah vagina dimana masing-masing gurah memiliki tujuan yang berbeda-beda. Terapi gurah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tidak memiliki efek yang buruk. Berikut ini adalah manfaat gurah bagi kesehatan, antara lain:

  1. Dapat mengurangi gejala gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh TBC, sesak napas, asma, gangguan paru-paru. Selain itu, gurah juga bisa menyembuhkan gejala sakit kepala, migrain, stres, flu, batuk dan masih banyak gejala-gejala yang lain.
  2. Gurah dapat mengeluarkan lendir-lendir yang mengandung kotoran di dalam tubuh. Tak terkecuali lendir di saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang dapat dibersihkan dengan terapi gurah adalah lambung dan usus besar, dimana kedua saluran ini sebagai pemicu awal dalam munculnya berbagai penyakit akibat makanan yang dimakan.
  3. Mampu membersihkan lendir-lendir kotor yang mengandung jamur dan bakteri di dalam saluran paru-paru.
  4. Mampu mengangkat dan membersihkan kotoran yang ada pada saluran pembuangan, yaitu saluran kencing, batu ginjal dan saluran kandung kemih.
  5. Gurah vagina juga dapat membersihkan saluran reproduksi dari berbagai gangguan, misalnya keputihan dan bau tidak sedap. Gurah vagina dapat membersihkanlendi-lendir yang mengandung bakteri atau jamur berbahaya bagi kesehatan saluran reproduksi. Dengan demikian hubungan pasutri dapat lebih aman.
  6. Gurah hidung dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada hidung, misalnya pembesaran pholip, sumbatan hidung dan pembekakan hidung.

Setalah melakukan terapi gurah, pasien dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai dengan yang disarankan pada saat konsultasi. Selain itu, diharuskan juga banyak mengkonsumsi air putih sebanyak 2 hingga 3 liter perhari. Pasien yang telah melakukan gurah juga memiliki beberapa pantangan untuk tidak memakan beberapa makanan secara berlebihan. Makanan tersebut antara lain adalah makanan yang banyak mengandung minyak, makanan yang terlalu pedas, merokok, tidak boleh minum es atau yang dingin, dan tidak boleh mengkonsumsi alkohol maupun soft drink. Setelah gurah juga sangat dilarang untuk berteriak karena dikhawatirkan akan membuat suara menjadi tidak merdu. Larangan berteriak khusus untuk mereka yang melakukan gurah hidung dan mulut dalam rangka untuk menjaga kualitas suara.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *